Rabu, 19 Januari 2011

Tips Mudah Menjalankan Shalat Subuh

 Di akui atau tidak banyak dari kaum muslimin yang masih mempunyai masalah dengan sholat Subuh nya, ada yang ketiduran lah, yang kecapean lah, karena tak ada yang membangunkan lah, dan lain lain lah. dan kalau di tulis mungkin mereka punya satu lembar folio alasan mengapa mereka tidak bisa bangun pada saat yang dingin itu. nah disini saya ada beberapa tips bagi yang benar benar ingin merubah hal yang tak biasa meenjadi biasa bangun fajar. dan tulisan ini sekaligus untuk mengingatkan pada diri sendiri tentunya. langsung saja tuk mulai menyimak tips yang pertama ;
  1. Ikhlas
Ikhlas menjadi tips yang terpenting dalam membantu bangun Shalat Subuh. Tanpa keikhlasan, seseorang tidak akan melaksanakan Subuh secara terarur. Itu karena Sholat Subuh merupakan standart pembeda bagi orang – orang ikhlas dengan orang – orang munafik.

  1. Tekad yang kuat
Saya yakin, tak ada yang bisa menghalangi orang yang memiliki kehendak jujur untuk bangun shalat Subuh. Kalau seorang muslim betul – betul merasakan tingginya nilai shalat Subuh berjamaah, maka dai akan mengatur seluruh kehidupannya agar bisa bangun untuk shalat Subuh, dan jangan terpengaruh oleh banyaknya orang – orang yang meninggalkan shalat Subuh.

  1. Hindari Dosa
Shalat Subuh merupakan hadiah Allah, tidak diberikan kecuali kepada orang – orang yang taat lagi bertaubat. Hati yang diisi dengan cinta kemaksiatan, bagaimana mungkin akan bangun untuk shalat Subuh? Bagaimana mungkin hati yang tertutup dosa akan terpengaruh oleh hadist – hadist yang berbicara tentang keutamaan shalat Subuh? Bagaimana mungkin mendengar panggilan adzan “HAyya ‘Alash Shalah” (mari shalat) “”Hayya ‘Alal falah”(mari mencari kemenangan), dan “Asshalatu khairum minan naum”(shalat itu lebih baik dari pada tidur)?

  1. Doa
Doa mempunyai peran yang sangat penting. Jangan meremehkannya sedikit pun. Lakukan doa sebagai rutinitas harian, dengan memohon agar Allah memberi kemampuan untuk melaksanakan shalat Subuh berjamaah. Ingat dan renungkan : “Siapa yang membangunkanmu untuk menunaikan shalat Subuh? Siapa yang membangkitkanmu (menghidupkanmu) dari tidur pada saat Shalat Subuh?”

  1. Berteman dengan orang Shalih
Ini sebuah saran yang tak kalah pentingnya. Memang, berbuat ketaatan tatkala dalam kesendirian, sangat susah, Karena Syetan lebih kuat menghasapi orang yang sendiri tak berkawan.

  1. Memperhatikan cara Tidur
Tidurlah lebih awal. Ini bukan suatu yang remeh, juga bukan diperuntukkan bagi anak – anak saja. Tetapi merupakan sunnah ilahiyyah dan nabawiyyah. Penelitian dan nalar pun juga menguatkan pendapat itu.
Mereka mengira – khususnya para pemuda – seseorang bisa disebut perkasa bila mampu bergadang malam dalam waktu yang panjang, lalu pada siang hari dihabisakan untuk tidur. Dimanakah letak keperkasaannya?
Allah telah menjadikan semua makhluk tidur pada waktu malam dan bangun di siang hari. Hal itu berlaku bagi segala macam binatang, ikan dan tumbuh – tumbuhan. Demikian pula tabiat manusia. Karena itulah Allah menjadikan matahari menerangi manusisa di siang hari sebagai ungkapan kecintaan Nya pada kita agar mereka bangun. Alah menjadikan malam itu gelap untuk memudahkan kita tidur. Ini merupakan bukti adanya Allah. Dengan seperti itu saja, masih banyak manusia yang mengingkarinya.
  1. Jangan Kekenyangan
Itulah tips yang sesuai dengan syariat dan kesehatan.
Diriwayatkan dari Miqdam bin ma’di karbi, bahwa dia pernah mendengar Rasulullah bersabda:
ما ملأ آدمي وعاء شرا من بطن بحسب ابن آدم أكلات يقمن صلبه فإن كان لا محالة فثلث لطعامه وثلث لشرابه وثلث لنفسه
anak adam tidak memenuhi bejana yang lebih jelek dari pada perutnya, cukuplah bagi anak adam memakan makanan yang bisa menegakkan punggungnya. Kalau tidak memungkinkan, maka ⅓ untuk makanan,dan ⅓untuk minuman, dan ⅓ untuk pernapasan. (HR At-Timidzi. Ia berkata, “Hasan Shahih).

  1. Mengingat – ingat keutamaan Waktu Fajar
Ini merupakan tips yang baru. Bagus dan bermanfaat bagi sebagina kaum muslimin. Sekalipun mereka telah mampu memelihara shalat Subuh selama bertahun – tahun.
Sediakan beberapa potongan kertas. Di atas masing – masing kertas ditulis satu hadits dari sekian hadits Rasulullah tentang keutamaan waktu fjar.Tulisan hadits tersebut sebagai pendorong mengerjakan shalat Subuh, dan bubuhkan pula penjelasan pahala dan keutamaan shalat Subuh ini.Letakkan kertas – kertas tersebut dikamar dan diruangan rumah anda, agar bisa mengingatkan anada terhadap semua keutamaan ini, juga agar dapat membangkitkan semangat dan keinginan serta menguatkan tekad untuk bangun shalat Subuh.

  1. 3 Bel Pengingat
Jam Weker merupakan perantara utama untuk bangun dari tidur. Bila anda memasang bel setelah shalat Subuh, ha ini menunjukkan anda Sengaja meninggalkan kewajiban shalat Subuh. Ini indikasi yang sangat BERBAHAYA. Kita mohon keselamatan bagi saya dan anda.
Ada nasihat khusus berkenaan dengan jam weker
  1. Pasang jam weker tepat saat shalat Subuh, sehingga ketika jam berbunyi, adzan pun berkumandang, maka anda bisa mendengar suara adzan yang sangat indah, Isnya Allah akan menggerakkan hati, ruh dan jasad anda untuk bangun.
  2. Pada fase awal ini, tak perlu bermuluk – muluk shalat tahajud di malam. Apabila anda belum terbisasa bangun, meski anda pasang bel ¼ jam – atau bahkan 5 menit saja – sebelum shalat Subuh, kemungkinan besar anada akan mematikan bel tadi dan tertidur kembali. Berhati – hatilah, ini merupakan menit – menit yang sangat penting dalam hidup anda! Dan ini juga lima menit yang akan mengajak anda untuk meninggalkan kewajiban terhadap Allah.
  3. Usahakan membeli jam weker yang bersuara rebut, bukan yang bermusik, sehingga mampu membangunkan anda bukannya membuat anda terhanyut dalam alunan musik dari jam weker anda.
  4. Jika anda sudah terbiasa dengan suara jam weker anda, maka tak ada salahnya saling menukar jam weker dengan kawan yang lain.
  5. Jauhkan jam weker dari tangan anda. Letakkan pada jarak tertentu, sehingga untuk sekedar mematikannya anda harus melangkahkan kaki.
Upaya ini Insya Allah memungkinkan anda untuk bangun
Telepon, Buatlah janji dengan kawan: “siapa yang bangun lebih dulu, ia harus membangunkan yang lain dengan telepon.” Dengan ini pula, anda telah mendorong kawan dalam kebaikan
Bel Pintu, Buatlah kesepakatan dengan tetangga untuk menghampiri pintu supaya anda terbangun. Ini merupakan teknik yang jitu. Agaknya begitu sulit, apabila anda bangun membukakan pintu kemudian kembali tidur, kecuali jika yang membukakan pintu adalah pelayannya wah wah, Wa Allahu ‘Alam deh. Namun jangan lupa untuk mengatakan pada seisi rumah bahwa akan ada yang menngetuk pintu di waktu Subuh, sehingga semua penghuni tidak merasa terganggu dengan bel pintu tersebut.
Lengkap sudah 3 jam weker dengan pnejelasannya. Semoga Allah memberikan petunjuk pada kita dalam melakukan kebaikan…..Amieen.

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online